Cara menghitung dosis obat berdasarkan berat badan

Terakhir adalah rumus ini tidak cocok untuk menghitung berat badan ideal pada wanita bertubuh pendek dan pria bertubuh tinggi. Caranya adalah dengan membagi berat badan dengan kuadrat dari tinggi badan. Sendok bubur dengan volume tiap sendoknya 8 ml 4. Jika dilihat dari penampilan luar, setiap orang punya penilaian tersendiri mengenai bentuk dan berat badan ideal.

Faktor — faktor yang mempengaruhi dosis obat antara sebagai berikut: Pengobatan ini dilakukan sebagai bronkodilator, untuk membuka jalan nafas dan memperbaiki pola nafas.

Dosis terapi atau dosis lazim adalah takaran yang diberikan dalam keadaan biasa dan dapat menyembuhkan. Perencanaan Pencegahan Sebelum memberikan obat, perawat sebaiknya melakukan: Perawat dapat melakukan pengecekkan ulang dengan tim medis bila terdapat keraguan dengan kesesuaian dosis obat.

Yang perlu diketahui berat badan ideal itu adalah relatif karena bentuk tubuh memang berbeda-beda, ada yang berbentuk buah pear, lurus, segitiga terbalik, hourglass atau jam gelas, oval, dan juga bentuk-bentuk lainya, maka tidak ada satu titik yang menunjukkan berat badan yang ideal.

Cara tersebut meminimalkan ketidaknyamanan pada klien dan dengan efek samping yang paling kecil, serta paling murah dibandingkan dengan cara pemberian yang lain.

Tujuan Penulisan Berdasarkan dari rumusan masalah tadi maka tujuan dari penulisan makalah ini yaitu adalah untuk: Berikut adalah panduan rentang BMI untuk berat badan ideal: Lippincott Pub.

Cara Menghitung Dosis Obat dengan Cepat dan Benar

Selain kelarutan yang paling penting diketahui dalam membuat sediaan larutan maupun sediaan farmasi lain adalah dosis maksimal suatu bahan obat karena obat yang dibuat tanpa memperhatikan dosis maksimalnya sangat berbahaya.

Berikut adalah rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal: Meskipun jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya banyak sekali. Dari contoh di atas, terlihat bahwa pria dan wanita yang memiliki tinggi badan yang sama memiliki berat badan ideal yang berbeda.

Dosis yang diperuntukan bagi pediatrik merupakan pecahan dari dosis orang dewasa. Atau ada cara tersendiri untuk menentukan keidealan berat badan seseorang? Apa pengertian dari dosis obat?

Macam-macam dosis obat berdasarkan takaran yang digunakan: Perawat anestesi memberikan obat-obatan anestesi melalui mesin respiratori yang tersedia di ruangan operasi. Perhatikan contoh kasus berikut: Dalam Contoh kasus berikut akan dijelaskan bagaimana pengunnan rumus Berat ideak tubuh.

Fundamental of Nursing: Rasio antara jumlah obat yang digunakan dan ukuran tubuh mempengaruhi konsentarsi obat pada tempat kerjanya. Rumus Dilling Untuk umur di atas 8 tahun dengan rumus: Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brosca Berbeda dengan indeks BMI yang lebih sering digunakan untuk wanita, rumus Brosca dapat digunakan untuk menghitung berat badan ideal pria dan wanita.

putrihandayani61

Dan jika klien dipuasakan NPO — Nothing Per Oral sebelum dilakukan pembedahan, tim medis dapat memilih obat oral yang dapat diberikan dengan air yang terbatas. Sudah idealkan berat badan seseorang dengan tinggi badan cm dan berat badannya 50 Kg.

Begitu juga berat badan ideal antara anak dan orang dewasa pun berbeda. Untuk itu perlu kita ketahui dosis suatu bahan obat dalam suatu sediaan untuk setiap pemakainnya Read More Untuk mengetahui cara menghitung dosis maksimal dalam sediaan cair.

Dosis lazim suatu obat dapat ditentukan sebagai jumlah yang dapat diharapkan menimbulkan efek pada pengobatan orang dewasa yang sesuai dengan gejalanya. Bila klien tidak dapat menelan air atau cairan lain atau merasa mual dan muntah, pemberian obat per oral segera dihentikan dan obat diberikan dengan cara lainnya.

Jika anda ingin menurunkan berat badan sampai level Berapa dosis obat yang mau diberikan? Sendok makan dengan volume tiap sendoknya 15 ml 3.

Jenis kelamin: Contok kasus berikut akan membuat anda bisa lebih memahami bagaimana cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus IMT.

Umur Umur pasien merupakan suatu pertimbangan untuk menentukan dosis obat. Takaran pemakaian yang dimuat dalam Farmakope Indonesia dan Farmakope negara-negara lain hanya dimaksudkan sebagai pedoman saja.

Untuk menghindari kesalahan pemberian, cocokkan selalu nama klien pada papan nama di tempat tidur klien dengan catatan rekam medik Benar Obat Benar yang kedua adalah benar obat, yang berarti obat yang diberikan adalah obat yang memeng diminta untuk diberikan kepada klien tersebut sesuai dengan dosis yang diinginkan tim medis.

Perlu juga diperhatikan reaksi antar obat atau efek obat terhadap penyakit.Setiap wanita pastinya menginginkan berat badan yang ideal. Oleh karena itu mereka pastinya akan mencari cara untuk mengetahui apakah bobot tubuh yang dimilikinya saat ini sudah masuk kategori berat badan ideal atau belum.

Dosis obat berdasarkan kepada berat badan, dinyatakan dalam milligram (obat) perkilogram (berat badan). Luas Permukaan Tubuh Formula yang digunakan adalah formula Haycock yang digunakan untuk menghitung permukaan.

Segala hal mengenai Resep dan perhitungan Dosis

Menghitung dosis berdasarkan perbandingan dgn dosis dewasa Umur= (umur dewasa > 20 tahun) a. Young: Da = (n / (n + 2)) x Dd b. Dilling: Da = (n/20) x Dd c. Cowling: Da = ((n+1)/24) x Dd Berat Badan (BB. DOSIS OBAT Jumlah obat yang diberikan kepada penderita dalam satuan berat atau satuan isi atau unit-unit lainnya Satuan berat: mikrongram (µg), miligram (mg), gram (g) Satuan isi: mililiter (ml) / cc, liter (l) Satuan unit: UI.

Panduan cara menghitung berat badan ideal untuk orang dewasa dan anak anak berdasarkan jenis kelamin, tinggi badan, lingkar pinggang dengan rumus tertentu.

kennelsalasana.com Deretan Informasi Edukatif dan Inspiratif Home Author: Editor Choizes. /11/12 · Jenis Obat Berdasarkan Bentuk dan Cara Konsumsi Obat Pil atau Tablet Obat Sirup Obat Serbuk Obat Menggunakan Alat (Syringe Pump atau Infus) Cara Menghitung Dosis Obat Tablet atau Pil Jenis obat ada bermacam-macam /5.

Cara menghitung dosis obat berdasarkan berat badan
Rated 0/5 based on 61 review